Rabu, 28 Agustus 2013

Pembobolan ATM Berhasil Digagalkan Satpam Box dan Mesin ATM Berhasil Dibuka Pelaku LC

PALANGKA RAYA - Percobaan pembobolan ATM BCA yang berada di pusat perbelanjaan Palma Palangka Raya, digagalkan oleh Satpam. Percobaan pembobolan tersebut terjadi pada Jumat (23/8) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Tersangka berhasil membuka penutup box ATM tersebut dan merusak mesin. Namun, belum sempat mengambil uang, tersangka kepergog Satpam yang bertugas. Pelaku pun diamanakan oleh Satpam dan diserahkan kepada petugas kepolisian. Tersangka dengan inisial LC warga jalan H. Ikap tersebut, mengaku nekat melakukan aksinya, karena terlilit utang.

"Kita mengamankan tersangka dengan inisial LC tadi pagi, karena tersangka melakukan percobaan pembobolan ATM BCA di Palama," kata Kasat Reskrim Polres Palangka Raya, AKP M. Ali Akbar, Jumat (23/8). 

Dijelaskannya, percobaan pembobolan tersebut terjadi pada Jumat  dinihari sekitar pukul 03.00 WIB. Tersangka melakukan aksinya memanfaatkan waktu di mana orang-orang tertidur. Namun tidak dengan satpam Palama. Ketika tersangka berhasil mencngkel box mesin ATM dan merusak Mesinnya, aksi tersangka diketahui oleh Satpam yang bertugas. Tersangkapun dibekuk oleh Satpam. 

"Tersangka melakukan aksinya dengan modus mencongkel penutup box ATM dan merusak Mesin ATM dengan cara mencongkel," tegasnya.

Dari TKP berhasil ditemukan sejumlah barang bukti, seperti 1 buah alat congkel berupa besi dengan panjang sekitar 30cm, satu buah tas dan topi tersangka yang tertinggal di TKP.

"Berdasarkan pengakuan sementara, tersangka melakukan aksinya karena terlilit hutang dan ada beban ekonomi terkait utang," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka juga diduga pelaku percobaan pembobolan ATM BNI di jalan Rajawali beberapa waktu lalu. Beberapa waktu lalu tersangka melakukan aksinya juga dengan modus sama, yaitu mencongkel dan merusak mesin ATM. "Jadi sudah dua kali tersangka melakukan aksinya," tukasnya.

Berdasarkan pantauan Radar Palangka di TKP, ATM BCA sudah dipasang police line. Tampak box ATM terbuka akibat dicongkel pelaku LC. Selain itu mesin ATM juga dalam keadaan rusak. Ketika Radar ingin bertemu dengan Satpam yang berhasil memergoki dan menangkap tersangka, Satpam tersebut tidak ada ditempat.

Seorang Satpam yang berhasil ditemui Radar Palangka Raya, Suary Rianto mengatakan, penangkapan tersangka pembobol ATM dilakukan oleh Yayan dan Satpam lainnya, karena kebetulan mereka yang mendapat sip jaga pada malam hari. 

"Setiap sip-nya ada 4 orang Satpam yang bertugas menjaga. Setiap sip ada kepala keamanannya. Kebetulan kejadian tadi malam sipnya Pak Yayan," ucapnya.

Menurutnya, sebelum kejadian pembobolan ATM ini pun pengamanan telah dilakukan dengan ketat. Apalgi dengan adanya kejadian ini tentunya pengamanan akan lebih diperketat.

"Penignkatan keamanan pastikan harus kita lakukan," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar